Rencana Jembatan Selat SundaDalam kesempatan ini, saya akan mengupas sedikit tentang rencana pembangunan jembatan selat sunda yang saya kumpulkan dari beberapa referensi. Seperti kita ketahui bersama, banyak kendala yang akan dihadapi seperti : keterbatasan pengetahuan tentang kondisi selat, ketersediaan teknologi, ketersediaan biaya dan ketersediaan sumber daya manusia. Namun semua itu pasti ada jalan keluarnya bila kita mempunyai semangat dan niat yang tulus untuk membangun bangsa kita ke arah yang lebih baik dan berpihak kepada kepentingan umum.
Teknis.
Jembatan selat sundaJembatan Selat Sunda ini mempunyai panjang total 29 Km, Lebar 60 M, 2 x 3 lajur jalan mobil, double track kereta api di tengah, 2 x 1 jalur motor, lokasi 50 KM dari Gunung Krakatau dan didesain tahan gempa serta tsunami, melintasi 3 pulau yaitu P. Prajurit, P. Sangiang dan P. Ular, terdiri dari 2 jembatan gantung berbentang ultra panjang yaitu 3,5 KM dan 7 KM serta 3 jembatan konvensional berbentang 6 -7,5 KM.
Biaya dan waktu (estimasi)
Biaya studi dan jasa engineering USD 190 juta atau Rp. 1,8 Triliun. Biaya konstruksi USD 9.810 juta atau Rp. 90,2 Triliun. Total USD 10 Miliar. Waktu pelaksanaan konstruksi 6 – 10 Tahun. Hasil Kajian Jalur 1 dan Jalur 2. Lihat gambar. Kajian Jalur
Adapun penampang melintang jembatan :
Potongan Geologi Selat Sunda.
Kondisi Tanah Selat Sunda.
Pengjian dasar laut menggunakan Roson dan CPTu 4 km dari pantai barat Banten.
Konstruksi Pondasi Pilar.
Konstruksi Girder dan Lantai.
Demikianlah sekilas tentang rencana pembangunan jembatan Selat Sunda. Semoga bermanfaat.
link : zeniad.files.wordpress.com
0 komentar:
Posting Komentar